NAMA BAYI DALAM BAHASA SANGSEKERTA-JAWA KUNO-INDONESIA

Di posting oleh Jauhari pada 12:51 PM, 05-Dec-11

Di: EBOOK

Nama Bayi Dalam Bahasa Sangsekerta- Jawa Kuno - Memberi nama pada bayi, terutama anak kita sendiri tentulah tidak boleh sembarangan.

"What's in a name?" atau "apalah arti sebuah nama?" demikian William Shakespiere berkata. Dia bisa berkata begitu karena dia memiliki nama yang bagus, coba bila orang tuanya memberi nama "tletong" atau tai sapi, "cikrak" atau pengki, apa si wiliiam bisa berkata begitu.

Rosululloh SAW memerintahkan umat Islam untuk memberi nama bagi anak-anaknya dengan nama-nama yang baik. Di sini maksudnya baik bukanlah baik dalam arti enak di dengar tetapi juga harus baik dalam artinya. Bahkan dengan nama itu kelak di hari kiamat sang bayi di panggil beserta nama Bapaknya. Apa nggak malu jika besok di padang Mashar anak kita di tertawakan orang banyak gara-gara namanya jelek?

Dalam petuah jawa terkenal dengan istilah "Asmo kinaryo jopo" atau nama sebagai do'a. Di sini dimaksudkan setiap orang yang memanggil si bayi secara tidak langsung ikut mendo'akan bayi tersebut.

Mencari nama yang baik tidak perlu harus import, kita pakai yang lokal saja juga bisa cool kok, bahkan kalau pakai nama lokal bisa mengurangi kesalahan dalam meng-eja-nya. Tertarik? Berikut ini saya share nama-nama bayi dalam bahasa Sangsekerta. File dalam format PDF. Dan filenya ambil di sini

download.png

Artikel Terkait
  1. Nama bayi dalam bahasa arab
  2. Nama-nama bayi dalam bahasa arab (2)
Artikel Kontes: Cahaya Pagi

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

2 tanggapan untuk "NAMA BAYI DALAM BAHASA SANGSEKERTA-JAWA KUNO-INDONESIA"

Ricardo pada 01:12 PM, 05-Dec-11

pertma diamankan ganmrgreen

Jauhari pada 01:17 PM, 05-Dec-11

@Ricardo,
sip sob biggrin

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar