AL-WADUD YANG MAHA MENYINTAI

Di posting oleh Jauhari pada 07:16 AM, 29-Dec-11

Di: EBOOK , RELIGI

translate.png

Sesungguhnya Dialah yang menciptakan (makhluk) dari permulaan dan Dia (pula) yang menghidupkannya (kembali). Dialah Yang Maha Pengampun Lagi Maha Mencintai. (QS. Al Buruj: 12-13)
alwadud.jpg

Dalam Al-Qur'an kata Al Wadud digunakan dua kali, kedua-duanya merujuk pada sifat Alloh, yaitu Yang Maha Mencintai. Bedanya, pada ayat yang di sebut di atas merupakan sifat Alloh, yang Dia sendiri yang menyifati-Nya, sedang pada ayat yang berikut ini merupakan penyifatan Alloh oleh Nabi Syu'aib ketika beliau mengajak umatnya untuk bertaubat.
Alloh berfirman : "Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada - Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Menyintai." (QS. Huud: 90).

Menurut kaidah bahasa, Al-Waduud berasal dari rangkaian huruf "waw" dan "dal" berganda, sedang arti dasarnya adalah "Cinta" dan "Harapan".
Para mufassirin mengatakan bahwa kata itu dapat dipahami dari sisi "subyek," yang mencintai dan mengasihi. Juga dapat di pahami dari sisi "obyek", yang dicintai dan dikasihi.
Dengan demikian, maka Alloh adalah Dzat yang mencintai makhluq-Nya sekaligus dicintai oleh mereka.

Selain itu memiliki makna yang ketiga, yaitu "menanamkan cinta." Dia-lah Alloh yang menanamkan cinta di hati manusia sehingga mereka dapat menyintai sesamanya dan menyintai makhluk lainnya.
Hal ini berdasarkan pada firman Alloh: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, kelak (Alloh) Yang Maha Pengasih akan menanamkan rasa cinta (dalam hati mereka)". (Qs.Maryam: 96).

Sungguh kecintaan Alloh kepada manusia tak diragukan lagi. Bagi orang-orang yang berfikir, mereka akan segera memahami betapa Alloh mencintai mereka melalui penciptaan langit, bumi dan segala yang ada di antara keduanya. Tidak hanya itu, Alloh juga telah menundukkan keduanya (langit dan bumi) untuk memenuhi hajat hidup manusia. Bahkan kalau mau merenung sejenak, sesungguhnya penciptaan manusia itu sendiri sudah merupakan bukti cinta-Nya kepada manusia. Dialah yang menghidupkan, menyiapkan sarana dan prasarana kehidupan, memberi kesehatan, kenikmatan sukses dan kebahagiaan. Lalu Dia juga menjanjikan surga bagi orang-orang beriman dan berbuat kebajikan.

Jika Alloh telah membuktikan cinta-Nya kepada kita, lalu apa bukti cinta kita kepada-Nya? Menurut saya orang-orang yang menyintai Alloh adalah orang yang selalu menjaga hubungan intim dengan Alloh melalui dzikir, selalu menunaikan hak-hak Nya, memandang kepada-Nya dengan mata hati, bahkan hatinya terbakar oleh kerinduan akan perjumpaan.
Sang pecinta akan berbisik atas nama Alloh, berbicara demi Alloh, tatkala bergerak atas perintah Alloh dan saat diam selalu bersama Alloh. Ia sungguh selalu "dengan", "demi", dan "bersama" Alloh.

Sungguh Alloh telah menyiapkan sarana bagi manusia yang telah menyintai-Nya untuk melampiaskan rasa rindunya untuk bertemu dengan Nya.
Setiap hari kita diberi kesempatan untuk menemui Nya minimal 5 kali dalam sholat-sholat fardhu, bahkan disediakan pula sholat-sholat sunah. Masih ada waktu istimewa yang disediakan khusus untuk para pecinta, yaitu pertemuan malam hari melalui sholat lail atau sholat tahajud.
"Dan pada sebagian malam hari bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji" (Qs Al Israa : 79).

Ya bila kita ingin dicintai Alloh, tiada jalan lain kecuali aktif mencintai-Nya, berusaha mendekati-Nya, bermesraan dengan-Nya dan menjalin hubungan intim dengan-Nya. Bila kita bersungguh-sungguh bertaqarrub dan berupaya menyintai Nya, maka Alloh akan mengulurkan cinta Nya.
Saatnya kita menunjukkan bukti cinta kita kepada Yang Maha Menyintai.

smile

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

6 tanggapan untuk "AL-WADUD YANG MAHA MENYINTAI"

zhiezhu pada 08:54 AM, 29-Dec-11

hadir....bro..!!!

Useptasik pada 09:16 AM, 29-Dec-11

artikel berkualitas, tetap semangat dan terus berkarya kang..

Maaf kunjungannya telat..

Htt://useptasik.mywapblog.com

Jauhari pada 10:18 AM, 29-Dec-11

@zhiezhu,
@usep
terima kasih sobat berdua sudah berkunjung smile

Amran_Gt pada 09:01 PM, 29-Dec-11

subhanallah
Mantap sob!!!!

D tunggu kunbal.a!!!

Ricardo pada 08:01 AM, 30-Dec-11

sorry ya sob bru berkunjng skrng, coz akhir" ane lage represing toq menghlngkn stries dn mslh ya ad sob.

Jauhari pada 08:53 AM, 30-Dec-11

@Ricardo,
terima kasih sob smile semoga masalahnya cepat selesai

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar